Perbedaan Memory DDR, DDR2 dan DDR3

Posted: February 21, 2012 in Uncategorized
Tags:

Setelah mengenal jenis-jenis memory komputer yang banyak digunakan, seperti jenis memory DDR SDRAM yang saat ini banyak dipakai oleh pengguna komputer desktop dan laptop. Selain harga memory DDR SDRAM yang sudah terjangkau untuk banyak kalangan, selain itu DDR SDRAM mampu bekerja 2 kali bahkan lebih cepat dari pada jenis memory Single data rate RAM (SDRAM).

Double data rate synchronous dynamic random access memory atau biasa disingkat DDR SDRAM (selanjutnya disebut DDR) adalah memory yang menggunakan teknologi double clock cycle. DDR mulai dikembangkan sejak tahun 1996 untuk menggantikan model sebelumnya yaitu memory SDRAM yang masih memakai single clock dalam pemrosesan data.Saat ini DDR juga sudah mengalami perkembangan sehingga muncul DDR generasi lanjutan yaitu DDR2 dan DDR3. Lalu apa perbedaan memory DDR, DDR2 dan DDR3?. Berikut ini sekilas perbedaan antara memory DDR, DDR2, dan DDR3:DDR DDR2 DDR3

Waktu release. DDR mulai dikembangkan mulai tahun 1996 sampai 2000an setelah itu muncul DDR2 yang diluncurkan pada tahun 2004 bersamaan dengan diperkenalkannya platform LGA 775 dari intel. Sedangkan prototype DDR3 mulai diperkenalkan pada 2005, namun baru resmi dipasarkan mulai juni 2007 lewat produck Motherboard P35.
Bentuk dan ukuran. Secara umum ukuran dan bentuk memory hampir sama. Yang paling membedakan antara bentuk DDR, DDR2 dan DD3 adalah notch atau socket. Pada memory DDR, notch ini terletak sedikit ke arah sisi kanan, sedangkan notch pada DDR2 terletak sedikit lebih ke tengah board modul memori. Namun di DDR3 notch lebih ke pinggir dari pada DDR2. Memori DDR memiliki pin 184 buah (92-pin di setiap sisinya), sedangkan memori jenis DDR2 dan DDR3 memiliki pin yang lebih kecil dan padat jumlahnya 240 buah (120-pin di setiap sisi).

Konsumsi daya listrik. DDR3 mengkonsumsi daya listrik lebih kecil yaitu 1,5 V, sedangkan DDR2 1,8 V dan DDR 2,5 V.
Performance. DDR memiliki memory clock antara 100 – 200MHz dan Frekuensi transfer yang bisa dihasilkan hanya antara 200-400 MHz. DDR2 Memory clock-nya antara 100 MHz sampai 266 MHz Dan frekuensi transfer antara 400-1966 MHz. Sedangkan memory clock DDR3 hampair sama dengan DDR2 yaitu dari 100-266 MHz. Bedanya terletak di frekuensi transfernya yang mencapai 2133 MHz.
Secara umum kinerja DDR3 memang lebih menjanjikan dari pada generasi sebelumnya. Namun jenis memory DDR dan DDR2 saat ini banyak digunakan oleh pengguna komputer desktop dan notebook. Semoga bisa mencerahkan.

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s